-->
logo blog

Membuat Random Post Hanya Judul

Membuat Random Post Hanya Judul

random post loading cepat
Widget random adalah sebuah widget yang menampilkan postingan-postingan kita sebelumnya dengan bentuk acak. Artinya, postingan-postingan yang lama walau jarang dikunjungi pun akan mendapat kesempatan yang sama sebagaimana postingan yang banyak pengunjungnya. Widget ini sangat penting, untuk memberikan suasana baru atau informasi yang menarik pada pengunjung blog kita.

Jika blog atau situs sahabat belum memiliki widget random, maka Ngonline06 sangat merekomendasikan untuk membuatnya. Mengapa? Karena widget ini bisa dibilang ampuh dalam mendongkrak visitor untuk berlama-lama membaca blog sahabat. Oleh karenanya, jika blog sahabat memiliki permasalahan bounce yang tinggi, jangan ragu untuk membuat widget ini.

Terlebih, membuat widget random post hanya judul yang akan diuraikan pada kesempatan ini. Widget random ini terbilang ringan dan tak akan membuat blog sahabat 'lelet' loadingnya. Ingat, widget random itu sama pentingnya dengan widget populer post.

Jika sebelumnya, Ngonline06 telah membuat cara Membuat Widget Random Post hanya Gambar Saja, maka sekarang akan berbagi widget random post hanya judul. Artinya, widget ini sangat ringan dan cocok untuk sahabat-sahabat yang sangat memperhatikan kesepatan loading blog. 

Cara Pemasangan Widget Random Post Hanya Judul (Simpel)


Untuk memasang widget random post yang sangat ringan dan simpel seperti ini tergolong mudah. Berikut adalah tata cara pemasangan widget random post hanya judul:
  1. Silahkan menuju dashboard blog sahabat semua.
  2. Klik Rancangan (Tata Letak) > Add Gadget (Tambah Gadget) > HTML/Java Script.
  3. Tulis kode di bawah ini pada java script tersebut.
  4. <script type="text/javascript"> var randarray = new Array();var l=0;var flag; var numofpost=5;function randomposts(json){ var total = parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10); for(i=0;i < numofpost;){flag=0;randarray.length=numofpost;l=Math.floor(Math.random()*total);for(j in randarray){if(l==randarray[j]){ flag=1;}} if(flag==0&&l!=0){randarray[i++]=l;}}document.write('<ul>'); for(n in randarray){ var p=randarray[n];var entry=json.feed.entry[p-1]; for(k=0; k < entry.link.length; k++){if(entry.link[k].rel=='alternate'){var item = "<li>" + "<a href=" + entry.link[k].href + ">" + entry.title.$t + "</a> </li>"; document.write(item);}} }document.write('</ul>');} </script><script src="/feeds/posts/default?alt=json-in-script&amp;start-index=1&amp;max-results=300&amp;callback=randomposts" type="text/javascript"></script>
  5. Save
Keterangan: var numofpost artinya jumlah postingan yang akan ditampilkan. Jadi, jika sahabat ingin menampilkan 7 postingan atau lainnya, tinggal mengganti nomor 5 di atas dengan nomor yang dikehendaki.

Tralala, sekarang sahabat Ngonline06 telah memiliki widget random post yang simpel dan ringan. Jika ada kesulitan, silahkan corat-coret di kolom komentar.

Update


Selain script di atas, ada juga script yang lain dan uniknya menurut pendapat para master script ini sangat ringan untuk dipakai sebagai widget random post hanya judul. Mengapa demikian? Karena dikatakan script ini tidak memakai jasa eksternal js. Jika sahabat penasaran untuk mengetahuinya, silahkan dipakai saja script widget random post hanya judul berikut:
<ul id="random-posts"></ul>
<script>
//<![CDATA[
var homePage = "http://ngonline06.blogspot.com/",
numPosts = 5;
function randomPosts(a){if(document.getElementById("random-posts")){var e=shuffleArray(a.feed.entry),title,link,img,content="",ct=document.getElementById("random-posts");for(var i=0;i<numPosts;i++){for(var j=0;j<numPosts;j++){if(e[i].link[j].rel=="alternate"){link=e[i].link[j].href;break}}var title=e[i].title.$t;content+='<strong><li class="random-posts"><a href="'+link+'" title="'+title+'" target="_blank">'+title+'</a></li></strong>'}ct.innerHTML=content}}function shuffleArray(arr){var i=arr.length,j,temp;if(i===0)return false;while(--i){j=Math.floor(Math.random()*(i+1));temp=arr[i];arr[i]=arr[j];arr[j]=temp}return arr}var random_post=document.createElement('script');random_post.src=homePage+'/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&orderby=published&max-results=999&callback=randomPosts';document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(random_post);
//]]>
</script>
Keterangan: Silahkan ganti huruf yang berwarna merah di atas dengan alamat blog sahabat dan angka yang berwarna biru dengan jumlah yang hendak ditampilkan.

Demikian cara membuat widget random post hanya judul atau widget random post super cepat. Jika ada hal yang belum dipahami atau kesulitan, silahkan coret-coret saja di kotak komentar agar kami bisa membantu semaksimalnya. Semoga sukses selalu..

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

4 comments

Hasilnya seperti apa ya?

mas muttaqin, utk bentuknya sesuai dg template yang akang gunakan.. Tampilannya hanya judulnya saja, sehingga ringan pake banget...
gak percaya, silahkan dicoba...hehe

Done...
Sukses diterapkan dengan baik di my blog..
monggo di cek mas...

masih work ternyata... Asyikk...

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan