-->
logo blog

#6 Teknik Jitu Jualan di Instagram

#6 Teknik Jitu Jualan di Instagram

Perkembangan internet seakan tidak bisa dibendung. Perkembangan ini pun mempengaruhi pola hidup masyarakat. Salah satu sektor yang paling banyak terkena imbasnya adalah ekonomi, khususnya jual beli. Maka tak heran jika kita dapatkan aneka jual beli di internet, baik lewat website ataupun media sosial.

Salah satu media sosial yang banyak digandrungi oleh pebisnis untuk menawarkan produknya adalah instagram. Namun untuk menjual produk di instagram tidaklah mudah membalik telapak tangan. Bila di toko nyata (offline), Anda dapat menarik perhatian konsumen dengan cara promosi fisik seperti memasang baliho di depan toko, menaruh papan diskon, pasang iklan di koran, dan lainnya. Nah, untuk onshop di media sosial seperti instagram perlu strategi dan tehnik khusus untuk menarik minat pelanggan.

Teknik Jualan di Instagram agar Laris untuk Pemula


Tehnik Jitu Jualan di Instagram
Sebelum mengetahui tehnik jitu jualan di instagam, perlu kiranya kita mengetahui perilaku pengguna instagram di Indonesia. Pertama, ternyata Indonesia adalah negara keempat di dunia dan kedua di Asia dengan pengguna instagram terbanyak dan jumlahnya terus bertambah dua kali lipat setiap tahunnya. Kedua, 71% pengguna instagram Indonesia selalu mengecek akunnya setiap saat bila mereka tidak sibuk dari pekerjaannya, sedikitnya sekali dalam 1 jam. Ketiga, 63% pengguna instagram di Indonesia adalah perempuan. Keempat, 45% pengguna instagram akan membeli barang yang mereka lihat di instagram jika mereka tertarik.

Dari data di atas tentu sangat menggembirakan untuk Anda yang ingin terjun di dunia bisnis dan ingin menjual produk lewat instagram. Ternyata, prospek untuk jualan di Instagram sangatlah cerah. Namun yang perlu dicatat adalah Anda harus mengetahui teknik menjual yang tepat agar calon pembeli atau pelanggan Anda tidak lari. Berikut teknik jualan di Instagram agar laris:

#1 Buatlah Akun Khusus yang Lengkap


Bila Anda biasanya menjual produk dengan akun pribadi, maka sekarang cobalah beralih dan buat akun baru dengan nama Branded sesuai dengan produk yang Anda jual atau pasarkan, seperti Clothing_Shop, Shoesis_Shop, dll. Ini penting agar calon pembeli dan pelanggan Anda lebih percaya dan mantap.

Jangan lupa pula, lengkapi akun Anda dengan nomor contact, seperti handphone, WA, facebook, dan lainnya agar dapat menghubungi Anda dengan segera jika membutuhkan sesuatu.

#2 Cari Followers yang Banyak


Setelah akun sudah Anda buat, maka sekarang Anda perlu mencari followers. Ingat, followers bagi pebisnis di instagram adalah 'WAJIB', karena followers adalah mitra sekaligus calon pelanggan Anda.

Langkah pertama yang musti Anda lakukan adalah cari akun yang berjualan sama dengan Anda dengan followers yang banyak. Selanjutnya, follow semua followers akun tersebut sebanyak-banyaknya. Setelah itu, kunci akun Anda. Dengan mengunci akun, otomatis membuat penasaran orang-orang yang Anda follow tadi sehingga mereka akan menfollow back akun Anda untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

#3 Seringlah Mengepost Produk Anda dengan Teratur


Jika langkah kedua telah dilakukan, maka Anda siap untuk memasarkan produk Anda. Silahkan upload photo produk-produk Anda secara berkala dan teratur. Mengapa harus teratur? Agar calon pembeli dan pelanggan Anda tidak bosan.

#4 Memberi Polesan


Hal yang tidak boleh lupa adalah poleslah photo-photo produk yang Anda upload tadi dengan kata-kata yang menarik, seperti 'diskon', 'promo', dan lainnya. Ini penting agar menarik minat pembeli. Demikian pula, saat mencantumkan harga, berilah dua harga, seperti "Produk ini kami jual dengan harga 50.000, tapi kami memberi diskon menjadi 40.000, khusus untuk Anda." Walau terlihat sepele, tetapi ini membuat produk Anda maknyussss.

Selain itu, lengkapi pula dengan hastag agar calon mudah dicari oleh pelanggan Anda. Keberadaan hastag dalam instagram memang diperuntukkan untuk hal ini. Jadi jangan dilewatkan.

#5 Berilah Pelayanan yang Prima


Jika keempat langkah di atas sudah diterapkan, sekarang saatnya Anda melayani pembeli dan pelanggan Anda dengan baik. Jawablah komentar-komentar followers Anda dengan jelas dan sabar. Bila perlu, lakukanlah kunjungan ke followers-followers Anda dan like serta berkomentarlah agar mereka pun semakin simpati dan senang dengan akun dan produk Anda.

#6 Cantumkan Foto Transaki, Schreenshot Chatting dengan Pelanggan, dan Testimoni


Hal yang terakhir dan tidak boleh dilupakan adalah 'pamerkan' foto-foto transaksi Anda dengan pelanggan, percakapan dengan para pembeli dan juga testimoni dari mereka bahwa mereka sangat puas dengan pelayanan Anda. Tehnik keenam ini sangat penting agar para calon pembeli Anda semakin percaya bahwa produk Anda dan juga diri Anda layak untuk dipercaya.

Demikian teknik jitu jualan di Instragram yang dapat kami bagikan untuk sahabat semua. Jika langkah-langkah di atas sudah Anda terapkan dan ingin meningkatkan usaha Anda di instagram lebih jauh, anda dapat melengkapinya dengan tools-tools di instagram. Silahkan baca artikel kami 'Tools Wajib bagi Pebisnis Online di Instagram".

Semoga bermanfaat. Jika ada hal yang perlu ditanyakan, silahkan coret-coret saja di kotak komentar di bawah. Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda jika Anda menganggapnya penting dan bermanfaat. #GoodJob #SemogaSukses

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

1 comment

Tips yang menarik... :)
SejutaTips.Com

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan