-->
logo blog

Membuat Template Responsive menjadi Tidak Responsive

Membuat Template Responsive menjadi Tidak Responsive

template no responsive
Mungkin terlihat aneh judul di atas, mengingat hampir semua orang menginginkan templatenya responsive dan matching di setiap perangkat mobile. Namun kebutuhan dan sifat seseorang itu berbeda-beda, maka tentunya ada juga yang menginginkan templatenya dari responsive menjadi tidak responsive.

Oya sebelum jauh melangkah, mungkin diantara sahabat belum mengetahui apa itu responsive. Maka disini akan diulas sedikit apa itu responsive. Template atau blog dikatakan responsive jika ketika dilihat dari berbagai macam perangkat mobile tetap enak dipandang. Seperti misalnya, blog sahabat dilihat lewat layar desktop, maka tampilannya matching. Demikian pula saat dilihat di layar mobile, tablet, atau lainnya, juga demikian. INTINYA, tak perlu ada scrool ke samping kanan-kiri. Jika sahabat kesulitan atau mungkin penasaran apakah blog yang dipakai sekarang sudah responsive apa belum, maka pakai saja alat penguji responsive di bawah ini:
BACA: Alat-Alat untuk Mengecek Responsive Template Blog

Sebenarnya banyak faktor yang menjadikan seseorang masih mempertahankan templatenya tak responsive. Sebagaimana penelusuran Ngonline06 dalam berbagai forum. Diantara faktor yang menjadikan seseorang masih mempertahankan blog atau situsnya apa adanya dan tidak menjadikannya responsive adalah FAKTOR PENGUNJUNG.

Mereka beralasan bahwa pengunjung di blognya mayoritas menggunakan desktop. Oleh karenanya, mereka tak mau mengubah tampilan templatenya menjadi responsive. Lalu, apakah berarti situsnya tidak bisa diakses? Tentu situsnya masih bisa diakses. Namun mereka menjadikannya DEFAULT. Artinya, tampilan apa adanya dari blogspot.

Alasan lain yang menjadikan seseorang masih mempertahankan templatenya adalah EMAN-EMAN. Bahasa apa lagi itu? hehe... Eman-eman itu artinya masih sangat cinta alias cinta setengah mati pada tampilan templatenya. Mereka tak mau mengganti templatenya menjadi lainnya. Akhirnya, mereka tak mau mengubah dan menjadikan situnya atau template situsnya responsive. Walau template responsive yang bentuknya keren-keren dan menarik pun sekarang sudah berserakan.

Cara Membuat Template Responsive menjadi Tidak Responsive


OK, saya kira sekarang sahabat sudah memahami benar apa itu responsive. Maka, sekarang langsung saja ke TKP. Yaitu, langkah-langkah membuat template yang semula responsive menjadi tidak responsive. Berikut adalah 2 langkah mudah membuat template responsive menjadi tidak responsive:

Langkah Pertama

Silahkan sahabat menuju dashbord blog, kemudian klik template > edit html. Cari kode di bawah ini dan hapuslah.
<meta content='width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0' name='viewport'/>
Kode di atas biasanya berada di bagian atas. Tepatnya di bawah kode <head>. Maka silahkan hapus kode tersebut.

Langkah Kedua

Cari kode seperti di bawah ini dan hapus semua. Biasanya jumlahnya lebih dari satu.
@media screen and (........ {........}
...... {.......}
....... {.......}
}

Save template sahabat dan selesai.

Silahkan lihat hasilnya, sekarang template yang awalnya responsive menjadi tidak responsive. Namun jika sahabat menginginkan sebaliknya, sahabat bisa melihat trik di bawah ini:

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan