-->
logo blog

Cara Menghilangkan 'Obeng dan Tang' (Quick Edit) di Blog

Cara Menghilangkan 'Obeng dan Tang' (Quick Edit) di Blog

ikon obeng tang
Sahabat Ngonline06, keindahan blog memang perlu diperhatikan. Hal itu agar pengunjung menjadi betah dan nyaman untuk membaca dan mengunjungi blog kita. Demikian pula kelengkapan-kelengkapan blog semisal widget popular, label, atau lainnya pun menjadi hal yang diperlukan agar pengujung mengetahui isi daripada blog yang dituju. Mengingat pengunjung biasanya akan melihat-lihat lainnya. Jika pengujung melihat dan mendapatkan postingan yang OK punya, tentu dia akan berlama-lama untuk membaca dan menikmati blog kita.

Namun ternyata ada sesuatu yang mungkin menjadikan blog kita nampak tidak indah dipandang. Kejadian ini biasanya saat kita menambah widget ke dalam blog kita. Sesuatu yang tidak 'indah' dipandang itu adalah munculnya ikon 'Obeng dan Tang' di akhir widget. Lihat saja penampakannya seperti pada gambar di atas. Tentu penampakan ini menjadi hal yang tidak sedap untuk dilihat bukan?

Awalnya, keberadaan ikon 'Obeng dan Tang' ini tidak pernah mengganggu. Mengingat sepengetahuan Ngonline06 dan pengalaman awal, ikon tersebut hanya nampak bagi pemilik blog. Itu persangkaan awal. Eh, ternyata persangkaan itu meleset. Terbukti, saat Ngonline06 menutup dashboar atau logout, ternyata ikon tersebut masih ada dan tentu ini akan menjadi masalah bukan? Tidak tahu persis apa masalahnya. Namun itu kemungkinan untuk template-template tertentu saja.

Maka dari itu, banyak sekali permintaan seseorang untuk mengetahui carai menghilangkan ikon 'Obeng dan Tang' tersebut. Perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak ada itu ikon 'Obeng dan Tang'. Mungkin karena bentuknya seperti itu, jadinya seseorang pun menyebutnya seperti itu. Menurut mbah google, ikon itu adalah widget quick edit.

Fungsi Ikon 'Obeng dan Tang' Quick Edit pada Blog


Sebelum sahabat Ngonline06 berencana untuk menghapus ikon ini dari blognya, maka sahabat perlu mengetahui apa sebenarnya fungsi ikon tersebut. Ini penting agar sahabat tidak menyesal saat menghapus ikon tersebut dari blog sahabat semua.

Perlu diketahui bahwa ikon Obeng dan Tang atau Quick Edit diterbitkan untuk memudahkan pelayanan kepada kita. Pelayanan apakah itu? Pelayanan mempermudah dalam mengedit widget yang kita pasang. Artinya, saat sahabat memasang widget tertentu di blog, maka secara otomatis sahabat bisa mengedit kembali bentuk dan pengaturan dari widget tersebut lewat ikon obeng dan tang tersebut. Sahabat tidak perlu lagi masuk lewat dashboard blog. Keren bukan?

Kerugian Ikon 'Obeng dan Tang' pada Blog


Pemasangan ikon obeng dan tang di blog memang sangat bermanfaat untuk mempermudah pemilik blog agar bisa mengedit widget yang dipasang dengan cepat dan praktis. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, pemasangan ikon ini memiliki dampak yang bisa dibilang signifikan. Walau gambar dan bentuknya kecil, ternyata banyak sekali 'keluhan-keluhan' dari para netizen akan keberadaan ikon ini. Apa sih kerugian dari adanya ikon Obeng dan Tang ini?

Berikut adalah beberapa dampak yang bisa dibilang kerugian dari pemasangan ikon Obeng dan Tang (Quick Edit) pada blog:
  1. Mengurangi keindahan blog.
  2. Berpengaruh pada penilaian di ckme.
  3. Berpengaruh pada kecepatan loading blog.

Cara Menghilangkan 'Obeng dan Tang' (Quick Edit)


Setidaknya ada 2 cara untuk menghilangkan ikon 'Obeng dan Tang' atau Quick Edit. Dua cara ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Cara Pertama

Cara pertama yang bisa sahabat lakukan adalah dengan cara sahabat menghapus ikon tersebut satu per satu. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan login ke dashboar blog sahabat.
  2. Klik menu Template > edit HTML.
  3. Cari kode di bawah ini dan hapus kode tersebut. (Untuk memudahkan dalam pencarian, gunakan CTRL + F dan tulis kode di bawah ini)
<b:include name='quickedit'/>

Kerugian dari cara pertama ini adalah sahabat perlu menghapus kode quick edit setelah sahabat memasang widget baru lainnya. Artinya, jika sahabat mengganti atau menambah widget di blog, maka tentu akan muncul ikon obeng dan tang-nya. Maka, dari itu sahabat perlu menghapus kode tersebut di HTML.

Cara Kedua


Jika pada cara pertama, sahabat diminta untuk menghapus satu per satu kode quick edit, maka cara kedua adalah lebih praktis. Sahabat tinggal melakukan cara ini, maka selanjutnya sahabat tidak disibukkan lagi dengan menghapus ikon quick edit tersebut. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan login ke dashboar blog.
  2. Klik menu Template > Edit HTML.
  3. Carilah kode ]]></b:skin> (Manfaatkan CTRL + F dan ketik kode untuk mempermudah pencarian)
  4. Kemudian pasangkan kode di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin>.
.quickedit{ display:none;}

Untuk cara kedua ini sahabat tidak perlu lagi menghapus kode atau mengotak-atik kode lainnya saat menambah atau mengurangi widget di blog. Artinya, cara ini bisa dibilang praktis.

Selamat, sekarang blog sahabat tidak ada lagi ikon 'Obeng dan Tang' atau Quick Edit yang menjadikan blog sahabat kurang nyaman. Dan tentunya blog sahabat menjadi WUSSSS dan chkme-nya pun menjadi lebih tinggi. Jika ada kesulitan, silahkan coret-coret di kolom komentar ya. Semoga sukses

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

4 comments

This comment has been removed by the author.

terima kasih kang Afrizal atas kunjungannya... :-d

Terima kasih tutorialnya. manfaat bingit

siiips, sama-sama kang...

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan