-->
logo blog

Membuat Scroll pada Kotak Komentar Blog

Membuat Scroll pada Kotak Komentar Blog

Salah satu trik dan cara agar blog atau situs kita ramai pengunjung adalah dengan melayaninya dengan baik. Salah satu bentuk pelayanan yang paling mujarab dan dibutuhkan oleh pengunjung situs kita adalah dengan memberinya tempat untuk mengeluarkan 'unek-unek', bisa berupa saran, pertanyaan, ataupun hanya sekedar salam senggol.
BACA: Trik Mudah agar Blog Ramai Pengunjung

Tahukah sahabat, apa itu tempat untuk mengeluarkan unek-unek di situs?

Tempat itu tiada lain adalah KOLOM KOMENTAR. Di kolom ini, pengunjung bisa bertanya dan berinteraksi dengan pemilik situs. Eits, yang penting jangan hanya menyediakan kolom komentar, kemudian saat ada pertanyaan di kolom tersebut tidak dipedulikan ya... Mau tahu, pentingnya kolom komentar pada blog, baca aja Trik Mudah agar Blog Ramai Pengunjung. Nanti akan tahu urgensinya.

Setelah sahabat memasang kolom komentar di blognya, selanjutnya adalah memikirkan cantiknya blog. INGAT, blog yang cantik tentu membuat pengunjung betah lo. Bayangin aja, tulisan kita udah bagus dan keren, tapi tampilan blog kita acak-acakan, wah jadi mengurangi minat pengunjung deh... So, perhatikan juga tampilan blognya ya.

Salah satu cara mempercantik blog, khususnya terkait kolom komentar adalah dengan memberinya scroll. Mengapa demikian? Karena saat kita memasang scroll pada kolom komentar, ini akan menjadikan tampilan blog tidak 'melar.' Artinya, saat pengunjung kita banyak memberi komentar, otomatis banyak sekali tulisan-tulisan komentar yang terpampang dan ini menjadikan bentuknya yang keren menjadi 'kurang' menarik, bukan? So, dengan dipasangnya scroll, komentar tetap nongol, namun dengan tetap menjaga penampilan.

OK, langsung saja ya...

Cara Membuat Scroll pada Kotak Komentar Blog


Scroll sangat bagus untuk meminimalkan tempat sebuat widget. Oleh karenanya, banyak para blogger memasang scroll di widgetnya, baik popular post, label, arsip, atau lainnya. Termasuk suka, mereka memasang scroll pada kotak komentar blognya. Oleh karenanya, pada kesempatan ini, Ngonline06 akan berbagi tips membuat scroll pada kotak komentar blog.
Lihat: Cara membuat scroll pada widget popular post, label, dan arsip (archive)
Perhatikan dengan baik-baik langkah-langkah membuat scroll di bawah ini. Caranya simpel dan mudah sekali. Langsung saja to the point.
  1. Sahabat Ngonline06 meluncur ke dashboard, lihat template > edit html.
  2. Cari kode <div class='comments' id='comments'> (agar mudah, tekan saja ctrl + F dan tulis kode tersebut)
  3. Ganti kode <div class='comments' id='comments'> dengan <div class='comments' id='comments' style='max-height:450px;overflow:auto;'>
  4. Selesai, dan silahkan save template sahabat semua.
Mudah bukan? O ya, jika sahabat ingin mengatur ketinggian daripada scroll silahkan ganti saja ukurannya dengan mengganti 450px dengan angka lainnya pada kode di atas. Semoga berhasil ya...

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

2 comments

100% work... makasih

sama-sama kang, dan mksih kunjungannya

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan