-->
logo blog

Pertolongan Pertama saat Bayi Sakit

Pertolongan Pertama saat Bayi Sakit

pertolongan pertama saat bayi sakit
Anak adalah karunia terindah yang diberikan Allah kepada orang tua. Maka kewajiban orang tua sebagai rasa syukur atas karunia tersebut adalah menjaga dan merawatnya dengan baik. Namun tidak bisa dipungkiri saat anak kita sakit, terlebih masih bayi, maka kita sebagai orang tua kadang susah untuk melakukan apa, terlebih bayi atau anak tersebut belum bisa bicara dan hanya nangis saja. [BACA: Anak Sering Sakit, Bahayakah?]

Maka berikut adalah pertolongan pertama saat bayi sakit. Info ini didapat dari berbagai sumber. Ingat, ini adalah pertolongan pertama dan tentunya untuk pertolongan selanjutnya adalah dikonsultasikan kepada ahlinya seperti dokter dan lainnya.

1. Bayi Diare


Saat bayi anda diare, hal yang musti dilakukan adalah JANGAN PANIK. Perlu diketahui, saat bayi Anda sering BAB jangan terburu-buru menganggap bayi anda diare. Hal itu karena pada umumnya bayi yang sedang mengonsumsi ASI dalam sehari memang bisa BAB sampai 15 kali. Namun jika memang bayi anda sedang diare, pertolong pertama yang bisa dilakukan adalah teruslah memberi bayi ASI saat ia diare,  agar terhindar dari dehidrasi.

2. Bayi Muntah


Bayi muntah adalah lumrah. Mengingat pencernaan bayi belumlah normal sehingga saat bayi Anda muntah, lagi-lagi janganlah keburu panik. Kepanikan orang tua justru menjadikan bayi Anda tidak nyaman. Pertolongan pertama saat bayi muntah adalah gendong bayi dengan kepala disandarkan ke pundak dan wajahnya mengarah ke samping atau belakang. Tepuk-tepuk atau elus punggungnya  pelan-pelan hingga ia bersendawa. Kemungkinan ia kebanyakan minum susu.

3. Bayi Step


Kondisi kesehatan bayi masih rentan dengan perubahan linkungan sekitar. Salah satu hal yang kadang menjadikan orang tua gugup adalah saat mendapati bayinya kejang atau biasa disebut dengan step. Step pada umumnya diakibatkan oleh demam yang sangat tinggi. Maka pertolongan pertama saat mendapati bayi Anda mengalami hal itu adalah JANGAN PANIK, miringkan kepala anak untuk memudahkan cairan dari mulutnya saat kejang,  keluar dan agar ia tidak tersendak. Longgarkan pakaian untuk menurunkan suhu badannya, jangan masukkan apa pun ke dalam mulutnya.  Selanjutnya agar bisa ditangani dengan baik. segera telepon dokter atau bawa ke rumah sakit.

4. Bayi Demam Tinggi


Pertolongan pertama untuk bayi yang sedang mengalami demam tinggi adalah dengan memberinya minum yang banyak, karena demam bisa mengakibatkan kekurangan cairan. Kompres tubuhnya dengan air hangat, dan bila demam mencapai 37 derajat Celcius, beri  obat penurun panas. Perlu diketahui bahwa penyebab panas pada bayi biasanya karena infeksi atau hendak tumbuh gigi.

5. Bayi Sakit Perut


Untuk mengetahui bayi sedang sakit perut memang kadang bagi orang tua susah. Mengingat bayi belum bisa bicara. Tapi rewel yang berlebihan adalah petunjung yang sangat jelas. Bayi mengalami sakit perut bisa dikarenakan kolik, alergi susu, atau lainnya. Maka pertolongan pertama untuk bayi yang sedang sakit perut adalah memberikan kehangatan pada tubuh bayi seperti memberinya minyak di perut bayi. Berilah kenyamanan posisi pada bayi anda. Jika berlanjut, segera periksakan kepada dokter terdekat.

BACA: Aneka Resep Masakan untuk Bayi

Demikian tips-tips pertolongan pertama saat bayi sakit. Semoga bermanfaat untuk para sahabat semua. Dan, tentunya pertolongan pertama terbaik untuk bayi adalah KASIH SAYANG IBU dan BELAIANNYA. Adapun pertolongan pertama yang diuraikan di atas hanya sebatas kebutuhan sekunder. Demikian juga tips di atas tidak berlaku untuk bayi yang mengalami penyakit tertentu. INGAT, jalan terbaik saat mendapati bayi Anda sakit adalah segera memeriksakannya ke tempat kesehatan terdekat.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan