-->
logo blog

Mengenal Meta Tag, Fungsi, dan Manfaatnya pada Blog

Mengenal Meta Tag, Fungsi, dan Manfaatnya pada Blog

Sahabat Ngonline06, dalam struktur template blog itu ada yang namanya meta tag. Tujuan adanya meta tag ini untuk membantu penelusuran robot google dalam menangkap isi artikel atau postingan sahabat di blognya. Artinya, saat blog sahabat Ngonline06 memiliki kelengkapan meta tag, maka secara otomatis, google pun dapat dengan mudah menemukan blog kita. Bahasa mudahnya, meta tag itu seperti antena sinyal sehingga mudah terdeteksi.

Bagaimana Bentuk dan Letaknya


Bentuk meta tag itu rangkaian kode HTML dan letaknya biasanya di atas. Tepatnya di antara kode <head> dan </head>. Biasanya tepat di bawah kode <head>. Namanya juga antena, pasti di atas bukan...he

Fungsi dan Manfaat Meta Tag


Biar lebih lengkap, berikut fungsi dan manfaat sahabat Ngonline06 memberi meta tag pada template blognya. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut :
  1. Membantu robot google dalam mengindeks konten blog.
  2. Membuat blog lebih cepat terindeks pada search engine.
  3. Membuat posting lebih cepat terindeks search engine berdasarkan kata kunci.
  4. Spider bot search engine lebih mudah mengindeks konten blog.
Setelah sahabat Ngonline06 mengerti fungsinya, tentu sahabat bisa membayangkan manfaatnya kan. Berikut manfaat besar meta tag untuk kelangsungan blog sahabat:
  1. Membuat blog Anda menjadi ramai visitor / pengunjung.
  2. Memungkinkan artikel berada pada halaman pertama Google.
  3. Judul artikel / postingan lebih mudah terindeks search engine.
  4. Menaikkan trafik dan page rank blog Anda.

Jenis-Jenis Meta Tag


Setelah sahabat mengetahui meta tag beserta fungsi dan manfaatnya, maka sudah saatnya sahabat untuk mengisi meta tag pada templatenya atau mengeceknya. Berikut adalah jenis-jenis meta tag yang musti atau disarankan untuk ada di template sahabat semua.

1.  Meta Tag Title


Meta tag ini berfungsi untuk menyatakan identitas atau judul dari suatu blog. Seperti pada web ini namanya adalah Ngonline06. Berikut penulisan meta tag title :
<title><data:blog.pageTitle/></title>

Sahabat dapat memodifikasi kode meta tag title agar judul postingan lebih dulu terindeks oleh search engine dari pada judul blog (salah satu trik SEO). Penulisannya berubah menjadi :
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.pageTitle/></title>

2.  Meta Tag Deskripsi


Meta tag yang berfungsi untuk mendeskripsikan seluruh konten (isi) artikel suatu blog. Meta tag ini membantu web robot search engine dalam mendeskripsikan blog sahabat. Berikut penulisan meta tag deskripsi :
<meta content='My Experience Is My Inspiration' name='description'/>

3.  Meta Tag Keywords


Meta tag yang berisi keywords (kata kunci) dari konten blog Anda. Kata kunci harus sesuai dengan materi dari artikel Anda. Karena dengan kata kunci yang benar, dapat lebih mudah menjaring pembaca ke blog Anda berdasarkan kata kunci tertentu. Berikut penulisan meta tag keywords :
<meta content=’keyword1,keyword2,keyword3, dan seterusnya‘ name=’keywords’/>
INGAT, penulisan kata kunci harus dipisahkan dengan tanda koma. Contoh penulisan meta tag keywords: Ngonline06, online, simpel, cerdas, dst.

4.  Meta Tag Verifikasi


Meta tag yang dipasang pada template blog setelah Sahabat mendaftarkan blog ke search engine Google, Bing, Msn, Yahoo, Alexa dan search engine yang lainnya. Setelah proses verifikasi blog selesai, biasanya Sahabat diharuskan memasang kode meta tag verifikasi tersebut pada template blog. Berikut contoh penulisan meta tag verifikasi :
<meta content='NOMOR VERIFIKASI' name='google-site-verification'/> = meta tag dari Google
<meta content='NOMOR VERIFIKASI' name='y_key'/> = meta tag dari Yahoo
<meta content='NOMOR VERIFIKASI' name='msvalidate.01'/> = meta tag dari MSN/Bing
<meta content='NOMOR VERIFIKASI' name='alexaVerifyID'/> = meta tag dari Alexa
Demikian sahabat Ngonline06 pembahasan tentang meta tag yang simpel. Jika kesulitan, silahkan corat-coret di kolom komentar.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

2 comments

o, jadi ini to yang bisa menjadikan blog kita rame... mksh infony

sma2... mksih kunjungannya ya..

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan