-->
logo blog

2 Langkah Menampilkan Jumlah Komentar Disqus di Blog

2 Langkah Menampilkan Jumlah Komentar Disqus di Blog

disqus comment counter
Sekarang banyak sekali blog-blog atau situs memasang komentar disqus. Selain tampilannya menarik dan simpel juga telah banyak pemakainya. Namun menjadi masalah ketika kita memakai disqus tapi tampilan blog kita khususnya jumlah komentar di blog masih menggunakan blogger. Jika ini terus dibiarkan maka walau komentar disqus sudah puluhan, tetap saja yang ada di tampilan '0 komentar'.

Tentu menjadi gak sedap dipandang bukan?

Oleh karenanya, sudah saatnya sahabat jika telah beralih ke disqus, juga mengatur tampilan jumlah komentarnya dengan disqus pula. Caranya mudah dan simpel. Sebenarnya telah banyak tutorial yang menjelaskan tentang itu, seperti bung frangki, arlina, dan kang ismet. Namun saya lebih suka tutorial dari kang ismet karena lebih simpel dan mudah. OK, langsung saja berikut 2 langkah mudah menampilkan jumlah komentar disqus di blog sebagaimana 'resep' dari kang ismet.

Langkah Pertama


Pastika sahabat memiliki dan mengetahui username di disqus. Letakkan kode di bawah ini di template sahabat, tepatnya di atas kode </body>.
<script id="dsq-count-scr" src="//USERNAME-ANDA.disqus.com/count.js" async="async"></script>

Ganti tulisan merah di atas dengan username sahabat.

Langkah Kedua


Letakkan kode di bawah ini pada template sahabat.
<a expr:href="data:post.url + &quot;#disqus_thread&quot;"></a>

Letaknya Dimana? Ini yang musti sahabat perhatikan dengan teliti. Jika template sahabat Ngonline06 masih standar, maka kode di bawah ini harus diganti dengan kode di atas tadi.
<span class='post-comment-link'>
    <b:include cond='data:blog.pageType not in {&quot;item&quot;,&quot;static_page&quot;} and data:post.allowComments' data='post' name='comment_count_picker'/>
</span>

Namun jika template sahabat semua sudah dimodifikasi, maka kode yang mirip seperti inilah yang musti diganti dengan kode di atas tersebut.
<b:if cond='data:post.allowComments'>
    <a expr:onclick='data:post.addCommentOnclick' href='#comment-form'> <b:if cond='data:post.numComments == 0'> No Comment </b:if> <b:if cond='data:post.numComments == 1'> 1 Comment </b:if> <b:if cond='data:post.numComments &gt; 1'> <data:post.numComments/> Comments </b:if>
    </a>
</b:if>

PERINGATAN: Silahkan backup dahulu template sahabat sebelum diutak-utek (dirubah-rubah) untuk menghindari terjadi kesalahan.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

6 comments

This comment has been removed by the author.

Gagal. Masih blm bisa.
Mohon pencerahannya

Pastikan kang Fauzi sudah meletakkan username dari disqus dg benar. Kemudian, lakukan langkah kedua dg hati-hati dan teliti... Perhatikan kode yg sama atau mirip dg yg dijelaskan di atas... moga membantu

Thanks Gan Berhasil (Y)

siiips, mg bermanfaat kang rismau...

aduh gagal terus gan..... https://yukklikshare.blogspot.co.id/

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan