-->
logo blog

Cara Mudah Memasang Iklan di Tengah Postingan

Cara Mudah Memasang Iklan di Tengah Postingan

Pasang iklan merupakan salah satu keuntungan pemilik blog. Mereka bisa memanfaatkan blognya untuk menjual produk atau memasarkan produk orang lain dengan sistem join. Oleh karenanya pilihan tempat iklan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Salah satu tempat yang strategis sebagai tempat iklan adalah di dalam teks postingan itu sendiri.

Posisi ini selain menjadi arah rujukan pembaca juga menjadi hal yang musti dilihatnya. Lalu bagaimanakah cara memasang atau menempatkan iklan di tengah postingan? Atau bagi yang sudah punya akun adsense, bagaimana cara menempatkan iklan adsensenya berada di tengah postingan? 

Maka pada kesempatan inilah, Ngonline06 akan membahasnya. Berikut ada cara mudah memasang iklan (adsense) di tenah postingan:
  1. Silahkan parse/convert terlebih dahulu script iklan sahabat DISINI.
  2. Setelah itu, login ke dashboard blog. Klik menu template > edit HTML.
  3. Cari kode <data:post.body/>. Biasanya, kode ini jumlahnya lebih dari satu. Jika blog sahabat sudah ada auto readmore-nya, kemungkinan kode yang ketiga. Namun jika ragu-ragu, sahabat bisa mencoba satu per satu. Kemudian, ganti kode <data:post.body/> dengan kode di bawah ini.
  4. <div expr:id='"iklan1" + data:post.id'></div> <div style="clear:both; margin:10px 0"> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    KODE IKLAN   
    </b:if></div><div expr:id='"iklan2" + data:post.id'><data:post.body/></div><script type="text/javascript">var obj0=document.getElementById("iklan1<data:post.id/>");var obj1=document.getElementById("iklan2<data:post.id/>");var s=obj1.innerHTML;var t=s.substr(0,s.length/2);var r=t.lastIndexOf(" ");if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}</script>
    KETERANGAN: Letakkan kode iklan sahabat yang sudah diparse pada tempat yang berwarna merah di atas.
  5. Save template.
Tralala, sekarang sahabat Ngonline06 telah mempunyai iklan di tengah postingan dengan begitu cantiknya. Dan, siap mencari pengunjung yang tertarik dengan iklan sahabat tersebut.

Update (7/4/16)
Kode di atas memang secara otomatis meletakkan iklan di tengah-tengah postingan. Namun ada sisi kelemahan tersendiri yaitu jika ternyata di tengah-tengah postingan ada gambar atau posisi tertentu, ternyata menjadikan postingan berantakan, maka untuk mensiasatinya, sahabat Ngonline06 bisa merubah dengan kode di bawah ini:
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
KODE IKLAN
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>
Ket. Secara default, kode di atas akan menampilkan iklan di tengah-tengah postingan, namun Sahabat bisa memodifikasi letak iklan, seperti di sepertiga postingan ataupun seperempatnya. Untuk memodifikasinya, Sahabat cukup mengganti angka yang berwarna biru di atas. Jika ingin meletakkan di sepertiga postingan dari atas, rubah angka 2 menjadi 3. Demikian juga jika ingin meletakkan di seperempat postingan dari atas, rubah saja angka 2 menjadi 4. Demikian selanjutnya.

TAMBAHAN

Eits, namun jika blog sahabat, khususnya dalam postingannya memiliki banyak gambar, maka tentu akan mempengaruhi iklan di tengah postingan tersebut. Artinya, postingan yang memiliki gambar yang banyak akan menjadikan iklan di tengah postingan tidak muncul. Namun sahabat jangan khawatir, permasalahan ini bisa diselesaikan dengan: Cara Memasang Iklan di Tengah Postingan tanpa Merusak Gambar).

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

2 comments

Terima kasih atas infonya yang bermanfaat dan bisa langsung digunakan.

Salam Wisata Sumsel

sama-sama kang, moga bermanfaat...

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan