-->
logo blog

Membuat Web Manual + AGC Search Result [Komplit dengan Praktiknya]

Membuat Web Manual + AGC Search Result [Komplit dengan Praktiknya]

membuat web manual dan agc search result
Sangat menarik apa yang dibagikan mas Edi Setiawan dalam note facebooknya. Ia tidak hanya membagikan tips dan trik dalam membuat web manual yang dikombinasikan dengan AGC Search Result, namun juga memberikan contoh dalam pengaplikasiannya. Tentu ini sangat dinanti-nantikan oleh para blogger yang concern dalam kasus tersebut.

Tak perlu panjang lebar, berikut adalah penjelasan mas Edi Setiawan tentang contoh pembuatan web manual yang dikombinasikan dengan AGC Search Result yang kami kutip dari note-nya.

Keterangan:

  • TKP : http://gudanglirik.xyz/
  • Register = Namecheap
  • Hosting/Server = Vps Vultr RAM 768 MB (OS: Ubuntu, Panel: ServerPilot, Location: Singapore http://prntscr.com/cnm09a )
  • CMS = Wordpress
  • Niche/Tema = Lirik Lagu & Chord Gitar
  • Jumlah Post = 20 ( http://prntscr.com/cnm0gs )
  • Tipe Post = Copas manual
  • Plugins yg digunakan = All In One Seo, Contact Form 7, File Manager, Relevanssi, STT2 ( http://prntscr.com/cnm04a )
  • Themes = Themes gratisan dari wordpress.org yang diedit-edit dikit.
  • Jumlah Fake Sitemap = 6 sitemap ( http://gudanglirik.xyz/sitemap.xml )
  • Isi Sitemap = Sekitar 20rb url tiap sitemap

Cara Pembuatan

  1. Anggap saja kita sudah mempunyai domain yang sudah dihubungkan kehosting (untuk extension domain, register domain, shared hosting / vps, lokasi server itu semua bebas. Asal support pada plugins yang akan kita gunakan dan tentunya harus server yang tak masalah untuk web agc.
  2. Install Wordpress, themes, plugins-plugins yang dibutuhkan seperti Relevanssi dana STT2 (selain 2 plugins tersebut, anda boleh menggunakan plugins-plugins yang biasa anda gunakan).
  3. Buat Page yang kiranya kita perlukan seperti contact, privacy policy, about dll.
  4. Post manual minimal 10 post untuk setiap niche ( usahakan didalam setiap post baik itu judul ataupun isi post, ada 1 keyword yang nantinya akan kita gunakan/injek pada fake sitemap. Untuk mencegah not found/404).
  5. Aktifkan plugin Relevanssi dan STT2 yang tadi telah diinstall (bila tadi langsung diaktifkanpun tidak masalah).
  6. Untuk plugin Relevanssi saya tidak menggunakan settingan khusus. Cukup "Build To Index" lalu "Save Options"
  • Untuk plugin STT2 saya menggunakan settingan seperti ini -> http://prntscr.com/cnm6ce
  • Usahakan permalink search STT2 dirubah agar lebih menarik seperti -> http://prntscr.com/cnm6zu
  • Untuk merubah permalink search pada STT2 bisa diedit pada -> http://prntscr.com/cnm7iz
  • Namun perlu diingat, permalink search STT2 harus sama dengan custom permalink search page pada search.php theme anda masing-masing -> http://prntscr.com/cnm81q
  • Biasanya anda akan menemukan error 404 bila merubah permalink search page selain ke domain/seach/keyword.html ( untuk mengatasinya anda bisa merubah search base pada http://prntscr.com/cnmn1y )
  • Dengan cara tersebut error 404 akan teratasi, hanya saja terkadang permalink search akan menjadi domain/permalinksearch/keyword+keyword.html (untuk mengatasinya anda bisa menambahkan script seperti berikut -> http://prntscr.com/cnmngy
Sampai langkah ini sebenarnya kita telah selesai membuat/menjadikan web manual menjadi web manual + agc search result.

Cara Meningkatkan Index Dengan Fake Sitemap / Sitemap Palsu

Mengenai fake sitemap sebenarnya sudah pernah saya bahas pada status saya, coba cek di https://goo.gl/pC3bzm Karena sudah dibahas pada status saya tersebut, jadi disini saya akan langsung membahas proses pembuatannya saja.

Langkah-langkah membuat Fake Sitemap
  1. Kumpulkan keyword menggunakan keywordshitter (cari keyword yang masih berhubungan dengan niche web kita. Sebagai contoh saya mebuat web tentang lirik, ya yang saya grab hanya keyword tentang lirik saya ( http://prntscr.com/cnmf4q )
  2. Setelah anda memiliki kumpulan keyword, silahkan ubah kumpulan keyword menjadi kumpulan link seperti http://prntscr.com/cnmftr Untuk mengconvert keyword menjadi link/url, anda bisa menggunakan Keyword To URL Generator
  3. Adapun cara menggunakan Keyword To URL Generator seperti berikut -> http://prntscr.com/cnmgu0
  4. Simpan kumpulan url/link yang sudah anda dapatkan tadi untuk dijadikan sitemap. Bila anda memiliki puluhan/ratusan ribu keyword, silahkan displit menjadi beberapa bagian, Misalnya sitemap1.txt, sitemap2.txt, sitemap3.txt dan seterusnya (1 sitemap maksimal berisi 50rb url)
  5. Setelah membuat beberapa sitemap, silahkan buat 1 index sitemap. Jadi nanti submit sitemap ke Google Webmaster Tools cukup index sitemapnya saja. Contoh index sitemap -> http://gudanglirik.xyz/sitemap.xml Script index sitemap -> http://prntscr.com/cnmibg
  6. Setelah anda memiliki beberapa sitemap dan index sitemap, silahkan upload sitemap-sitemap tersebut ke hosting/server anda via file manager atau ftp kedalam folder public_html/domainanda/ http://prntscr.com/cnmj7h
  7. Sampai disini kita telah selesai membuat Fake Sitemap. Untuk meningkatkan index web anda, anda bisa mengsubmit index sitemap tersebut ke Google Webmaster Tools anda masing-masing.

Demikian penjelasan dan langkah-langkah membuat web manual yang dikombinasikan dengan AGC Search Result. Semoga bermanfaat.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

3 comments

Trus yg relevansi itu settingnya gmna gan?

tak perlu settingan khusus, cukup build to index...

untuk hal ini kok gak ada ya ?
http://prntscr.com/cnm81q

harus gimana ?

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan