-->
logo blog

Cara Mudah Membuat Link dalam Satu Halaman

Cara Mudah Membuat Link dalam Satu Halaman

cara mudah membuat link dalam satu postingan
Situs yang baik adalah situs yang memberikan manfaat dan kemudahan kepada pengunjungnya. Situs yang bermanfaat tentunya situs yang memberikan ulasan-ulasan yang banyak dibutuhkan oleh pembaca sehingga bisa memanfaatkannya dengan baik. Demikian juga, situs dikatakan 'mudah' jika pengunjung pun bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mudah, baik dengan mudahnya isi postingan ditangkap ataupun mudahnya pengunjung mendapatkan informasi di dalamnya.

Salah satu cara agar postingan itu bermanfaat dan memberi kemudahan kepada pengunjung adalah memberikan informasi dengan lengkap dan akurat. Kelengkapan informasi bisa dengan memberikan ulasan yang detil dan tepat. Sedangkan kemudahannya, pengunjung bisa dengan cepat mendapatkan informasi daripadanya.

Namun pemilik situs atau blog kadang kurang memperhatikan faktor ini. Mereka memang memberikan informasi yang lengkap dan komplit kepada pengunjung, namun mereka seakan abai kepada faktor 'kemudahan' tersebut. Misalnya, karena pemilik situs atau blog ingin menjelaskan tata ara pembuatan blog, mereka pun membuat pendahuluan tentang pentingnya blog, manfaatnya, hingga tata cara pembuatannya dengan sangat komplit. Akibatnya, postingan di dalamnya menjadi sangat panjang sepanjang sungai Missisipi...he Apa yang terjadi? Pengunjung memang mendapatkan manfaat, namun mereka akan 'kelelahan' untuk membaca semua itu, terlebih bagi pengunjung yang memang ingin 'instan'. Oleh karena itu, permasalahan tersebut perlu dipecahkan dan dicari solusinya.

Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk memcahkan permasalah tersebut adalah membuat link dalam satu halaman

Maksudnya bagaimana?

Pembuatan link disini seperti membuatkan daftar isi daripada postingan. Akibatnya, walau postingan yang kita buat itu panjang, mereka akan mengetahui daftar isi daripada postingan tersebut dan mereka bisa langsung menuju hal yang memang ia ingin dapatkan informasinya.

Ini seperti sebuah buku. Walaupun buku tersebut tebal, namun karena dilengkapi dengan daftar isi, maka seseorang bisa langsung menuju poin-poin yang memang ia ingin dapatkan dengna langsung menuju halaman isi buku tersebut. Demikian juga postingan. Walau isinya sangat panjang, karena dilengkapi link dalam satu halaman, maka ia pun bisa langsung menuju poin yang ingin didapatkan tersebut.

Jika sahabat memang memiliki postingan yang luar biasa panjang, maka jangan ragu-ragu lagi untuk membuat link dalam satu halaman tersebut. Ini semua demi memberikan kemudahan kepada pengunjung situs sahabat semua. Maka, berikut adalah cara mudah membuat link dalam satu halaman.

1. Menentukan Nama Target


Link terdiri atas link yang mengarah ke target dan alamat target. Maka, hal yang pertama kali sahabat buat dan tentukan terlebih dahulu adalah target. Diusahakan dalam membuat nama target adalah satu kata. Jika memang tak memungkinkan, maka kata-kata tersebut sebaiknya dirangkai dengan tanda (-) atau (_). Hal itu agar tidak menimbulkan kesulitan tersendiri, mengingat spasi dalam hlml akan berubah menjadi "%20". Misalnya, sahabat ingin membuat nama target 'Link Satu Halaman', maka diusahakan nama targetnya adalah 'link-satu-halaman' atau 'link_satu_halaman'.

Adapun rumus dalam menentukan nama target adalah sebagai berikut:
<div id="nama-target">
    //konten
</div>

2. Membuat Link ke Target


Setelah sahabat sudah menentukan nama target, maka langkah selanjutnya adalah membuat link yang menuju target itu sendiri. Dalam membuat link ke target, gunakanlah rumusnya sebagai berikut:
<a href="#nama-target">link teks</a>

Namun jika targetnya berada di halaman lain, maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:
<a href="nama-halaman.html#nama-target">link teks</a>

Contoh Membuat Link dalam Satu Halaman


Bagaimana, mudah bukan dalam membuat link dalam satu halaman? Agar lebih mudah, Ngonline06 akan memberikan contoh cara mudah membuat link dalam satu halaman.

Postingan ini terdiri atas:

Target Judul
bla bla bla ......................... 

Target Sub Judul
bla bla bla .........................

Target Sub Sub Judul
bla bla bla .........................

Silahkan klik tulisan 'Judul', maka sahabat akan diajak menuju 'target judul'. Demikian juga, saat sahabat mengklik 'sub judul', maka sahabat akan diajak menuju ke 'target sub judul'. Sama juga, saat sahabat mengklik 'sub sub judul', maka otomatis sahabat akan diarahkan ke 'target sub sub judul'.

Itulah gambaran dan contoh membuat link dalam satu halaman. Jika ada kesulitan atau hal yang belum dipahami, silahkan tanpa ragu untuk menuliskannya di kotak komentar. Salam hangat dari Ngonline06 untuk semua sahabat.

Share this:

Artikel Menarik Lainnya

Show comments
Hide comments

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik.

Info Pendidikan